mobicow

Kamis, 06 Oktober 2011

>> Bagaimana menemukan - Ukuran sebuah direktori & ruang disk kosong

Artikel ini menjelaskan 2 perintah sederhana yang kebanyakan orang ingin tahu kapan mereka mulai menggunakan Linux. Mereka menemukan ukuran direktori dan menemukan jumlah ruang disk bebas yang ada pada mesin Anda. Perintah akan Anda gunakan untuk menemukan ukuran direktori 'du'. Dan untuk menemukan ruang disk bebas Anda bisa menggunakan 'df'.
Semua menyajikan informasi dalam artikel ini tersedia di halaman manual untuk du dan df. Dalam kasus Anda bosan membaca halaman manual dan Anda ingin mendapatkan pekerjaan Anda dilakukan dengan cepat, maka artikel ini adalah untuk Anda.
-
'Du' - Menemukan ukuran direktori
$ Du
Mengetik di atas pada prompt memberikan Anda daftar direktori yang ada di direktori saat ini bersama dengan ukuran mereka. Baris terakhir output memberi Anda ukuran total dari direktori saat ini termasuk subdirektorinya. Ukuran yang diberikan mencakup ukuran file dan direktori yang ada di direktori saat ini serta semua subdirektorinya. Perhatikan bahwa secara default yang diberikan adalah ukuran dalam kilobyte.

$ Du / home / david
Perintah di atas akan memberikan ukuran direktori dari direktori / home / david

$ Du-h
Perintah ini memberikan output yang lebih baik dari standar satu. Option '-h' singkatan format yang mudah dibaca manusia. Jadi ukuran dari file / direktori yang kali ini bersufiks dengan 'k' jika yang kilobyte dan 'M' jika yang Megabyte dan 'G' jika Gigabytes nya.

$ Du-ah
Perintah ini akan menampilkan dalam output, bukan hanya direktori tetapi juga semua file yang ada di direktori saat ini. Perhatikan bahwa 'du' selalu menghitung semua file dan direktori sambil memberikan ukuran akhir di baris terakhir. Tapi '-a' menampilkan nama file bersama dengan nama direktori pada output. '-H' sekali lagi format yang mudah dibaca manusia.

$ Du-c
Ini memberi Anda grand total sebagai baris terakhir dari output. Jadi jika Anda menempati direktori 30MB yang 2 baris terakhir dari output akan
30M.
Total 30M
Baris pertama akan menjadi garis standar terakhir dari output 'du' yang menunjukkan ukuran total dari direktori dan garis lain menampilkan ukuran yang sama, diikuti oleh string 'total'. Hal ini bermanfaat dalam kasus Anda ini perintah bersama dengan perintah grep untuk hanya menampilkan ukuran total akhir dari sebuah direktori seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

$ Du-ch | grep Total
Hal ini akan hanya memiliki satu baris dalam output yang menampilkan ukuran total dari direktori saat ini termasuk semua subdirektori.

$ Du-s
Ini menampilkan ringkasan dari ukuran direktori. Ini adalah cara paling sederhana untuk mengetahui ukuran total dari direktori saat ini.

$ Du-S
Ini akan menampilkan ukuran direktori saat ini tidak termasuk ukuran dari subdirektori yang ada dalam direktori tersebut. Jadi pada dasarnya menunjukkan ukuran total semua file yang ada di direktori saat ini.

$ Du - exculde = mp3
Perintah di atas akan menampilkan ukuran direktori saat ini bersama dengan semua subdirektorinya, tetapi akan mengecualikan semua file yang memiliki pola yang diberikan hadir dalam nama file mereka. Jadi dalam kasus di atas jika ada terjadi menjadi file mp3 dalam direktori saat ini atau subdirektori, ukuran mereka tidak akan disertakan saat menghitung ukuran direktori total.
-
'Df' - menemukan disk ruang / penggunaan disk
$ Df
Mengetik di atas, output tabel terdiri dari 6 kolom. Semua kolom yang sangat mudah dipahami. Ingat bahwa 'Ukuran', 'Digunakan' dan 'Tersedia' kolom digunakan sebagai unit kilobyte. Kolom 'Gunakan%' menunjukkan penggunaan sebagai persentase yang juga sangat berguna.

$ Df-h
Menampilkan output yang sama seperti perintah sebelumnya namun '-h' menunjukkan format yang mudah dibaca manusia. Oleh karena itu bukan kilobyte sebagai unit output akan memiliki 'M' untuk Megabyte dan 'G' untuk Gigabytes.
Sebagian besar pengguna tidak menggunakan parameter lain yang dapat dikirimkan ke 'df'. Jadi saya tidak akan membahas mereka.
Aku di dalam gilirannya akan menunjukkan contoh yang saya gunakan pada mesin saya. Saya telah benar-benar disimpan ini sebagai script bernama 'penggunaan' karena saya sering menggunakannya.
Contoh:
Saya punya Linux diinstal pada / dev/hda1 dan saya telah terpasang saya partisi Windows juga (secara default setiap kali Linux boot). Jadi 'df' secara default menunjukkan saya penggunaan disk Linux saya serta partisi Windows. Dan saya hanya tertarik pada penggunaan disk dari partisi Linux. Ini adalah apa yang saya gunakan:
$ Df-h | grep / dev/hda1 | cut-c 41-43
Perintah ini menampilkan berikut ini pada mesin saya
45%
Pada dasarnya perintah ini membuat 'df' menampilkan penggunaan disk dari semua partisi dan kemudian ekstrak baris dengan / dev/hda1 karena saya hanya tertarik dalam hal itu. Kemudian memotong karakter dari 41 ke kolom ke-43 karena mereka adalah kolom yang menampilkan penggunaan dalam%, yang adalah apa yang saya inginkan.
 

 
Ada beberapa pilihan yang dapat digunakan dengan 'du' dan 'df'. Anda bisa menemukan mereka di halaman manual.