mobicow

Kamis, 06 Oktober 2011

>> Cara menggunakan perintah paling populer di Unix - grep

grep adalah jauh perintah paling populer yang ada di Unix. Meskipun beberapa mungkin berpendapat tentang itu, tetapi sekali Anda mulai menggunakan grep, selalu akan hadir dalam semua perintah kompleks Anda bahwa Anda memikirkan menjalankan di shell prompt. grep singkatan dari ' global regular expression printer ' (printer ekspresi global biasa). Yang tidak masuk akal untuk kebanyakan .. Dengan kata yang masuk akal grep ekstrak garis-garis dari sebuah teks tertentu yang sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pengguna.
Pada dasarnya grep memungkinkan Anda memasukkan pola teks dan kemudian mencari pola ini dalam maka teks yang Anda berikan. Ini akan mengembalikan semua baris yang memiliki pola yang diberikan di dalamnya. grep dapat digunakan dalam 2 cara - Entah sendiri atau bersama dengan pipa
Catatan: Dalam kasus Anda tidak akrab dengan pipa, kemudian lihat Pipes yang menjelaskan pipa. Jika Anda menyebut diri Anda pengguna Linux, Anda harus tahu pipa (pipes).


Menggunakan grep sendiri
$ Grep '12 .00 '/ home / david / backup / log.txt
Perintah ini pada dasarnya menunjukkan bagaimana Anda dapat menggunakan grep untuk mengekstrak baris yang mengandung string tertentu dari sebuah file teks. (File teks tidak harus diakhiri. Txt) akan mencari Perintah di atas untuk string 12.00 dalam file teks ditentukan dalam perintah, dan menampilkan semua baris yang memiliki string ini di dalamnya.
Perintah di atas dapat digunakan untuk mengetahui semua backup yang terjadi pukul 12.00 (Dalam kasus Anda memiliki file log.txt dalam direktori tersebut dengan daftar semua timing untuk backup yang telah dibuat).

$ Grep-v '12 .00 '/ home / david / backup / log.txt
Perintah di atas sekarang akan menampilkan semua baris dalam file teks, kecuali mereka yang memiliki string 12.00 di dalamnya.

$ Grep-l 'menunda' / code / *. c
Perintah pencarian di atas untuk file-file yang diakhiri dengan huruf 'c.' (Dalam direktori / kode) dan di mana 'menunda' teks hadir. Ini hanya mengembalikan nama-nama file dan bukan garis di mana ia menemukan string.

$ Grep-w "\ <teluk '*
'Melihat \>' $ grep-w *
Pencarian perintah di atas teks dalam cara yang lebih halus. Pencarian Perintah pertama bagi mereka baris di mana setiap kata dalam baris yang diawali dengan huruf 'teluk' dan pencarian perintah kedua bagi mereka baris di mana setiap kata dalam baris yang diakhiri dengan 'menonton' huruf
-
Menggunakan grep dengan pipa
$ Ls-l | grep rwxrwxrwx
Seperti Anda harus mengetahui ls-l menampilkan daftar direktori untuk direktori manapun. Bagian dari perintah grep rwxrwxrwx ekstrak hanya baris yang menampilkan file yang memiliki mereka membaca, menulis, mengeksekusi mengatur hak akses untuk user, kelompok dan orang lain juga. Jadi bukannya mendapatkan daftar semua file dalam direktori, Anda hanya akan melihat file-file yang memiliki r mereka, w, x mengatur hak akses untuk semua orang semua.

Output dari grep juga dapat disalurkan ke program lain sebagai berikut
$ Du | grep 'mp3' | more
Anda harus bisa mengetahui apa perintah di atas tidak ..


$ Grep '^ #' / home/david/script1 | more
Perintah di atas akan menampilkan garis-garis (dari file / home/david/script1) yang dimulai dengan '#'. Istilah '^ #' berarti bahwa # harus hadir sebagai karakter pertama pada sebuah baris. Bagian yang lebih dari perintah harus diketahui oleh Anda. Jika tidak, lebih pada dasarnya menampilkan output halaman pada satu waktu memetikan output melebihi satu halaman.

$ Grep-v '^ [0-9]' / home / david / backup / log.txt | more
Perintah ini akan mencari baris yang memiliki salah satu angka dari 0-9 di dalamnya sebagai karakter pertama pada baris. Ini kemudian mencetak semua baris kecuali orang itu ditemukan awalnya.
Penting: Ini perlu untuk melampirkan pola (seperti yang digunakan dalam 2 perintah di atas) dalam tanda kutip tunggal sehingga shell memahaminya correctly.Otherwise, shell dapat menafsirkan dalam metode lain.


Beberapa tambahan pilihan untuk grep
-V
Membalikkan perilaku normal dari perintah grep - Alih-alih memilih baris, ia menolak garis yang cocok dengan kriteria yang diberikan.
-C
Ini menekan output normal dan hanya mencetak jumlah total baris yang cocok, bukan garis yang sebenarnya.
-I
Mengabaikan kasus teks ketika pencocokan pola yang diberikan.
-W
Memeriksa apakah pola yang diberikan adalah kata dengan sendirinya dan bukan bagian dari kata lain. Jadi jika Anda mencari 'teluk' dan kata 'Baywatch' hadir dalam sebuah file, baris tertentu conatining kata yang tidak akan dikembalikan dalam hasil.
-L
Hanya memberikan nama-nama file di mana pola yang diberikan ditemukan.
-R
Memeriksa pola yang diberikan, secara rekursif dalam direktori yang Anda tentukan setelah opsi-r
Saya harap tutorial ini membantu Anda memulai dengan grep. grep defintely salah satu alat yang memberikan keuntungan atas Linux Sistem Operasi lainnya. Menggunakan grep efektif bersama dengan alat-alat lain memberikan pengguna banyak kekuatan di Unix.